Minggu, 18 Mei 2008

Pamor "Sugih" UDAN MAS


Bila ingin gampang memperoleh rezeki, miliki keris pamor Udan Mas. Ituiah mitos yang berkembang di kalangan masyarakat. Tak heran, keris pamor Udan Mas banyak diburu banyak kalangan - mulai dari pedagang kaki lima hingga kaum pebisnis kelas kakap.



T AK salah, memang, aki-bal mitos yang melekal pada keris befpamor Udan Mas sebagai kens pendatang rezeki, maka 'permintaan' terhadap keris Inl pernah rnengalami booming. Akibat lebih jauh, sesua) dengan teori ekonoml klaslk, karena perminlaan la-jam sementara barang di pasar lang-ka, maka harga kens Udan Mas pun sempal melambung tinggi. Udan Mas Tangguh Pajajaran. misalnya, kenoati harganya tak mencapai ratusan jura ru-piah. namun harganya bisa menembus angka Rp 40 ula. Pada dasarnya. Keris pamor Udan Mas. nllainya sangat bor-variasi, tergantung pada pada tangguh dan keuntuhan bentuk. Tentu saja, ada pula keris Udan Mas yang harganya hanya Rp 2 juta

Inilah keris yang, barangkali. paling banyak dibuat pada saal mi. Karena
itu pula, tak sedikit terjadi praktek-praktek pemalsuan keris berpamor Udan Mas Inl. Banyak keris Udan Mas baru dengan tampllan - dibuat - tam-pak sepuh (tangguh lama). Apalagt menurut sejumlah pakar keris. secara teknis. keris berpamor mi tak terlalu su-lit dibuat. Kendati begitu, secara fislk, kesempurnaan garap keris pamor Udan Mas buatan empu zaman kim, sudah cukup istimewa. Menurut sejumlah pa­kar kens dan tosan aji kepada KERIS. Udan Mas buatan Madura, misalnya. dari sisi beniuk raia-rata sudah cukup bagus. Walaupun, tetap saja ada sedikit perbedaan aniara keris Udan Mas yang satu dengan yang lain.
Tak ada yang tahu pasti, sejakkapan keris Pamor Udan Mas banyak diminati kalangan luas. Yang jelas. awal mulanya keris pamor Udan Mas itu kebanyakan tangguh Pajajaran atau Tuban. Mungkin pada masa itu, permintaan untuk membuat keris kebanyakan adaiah Udan Mas.
Secara khusus, pamor Udan Mas mempunyai cir)-cirl motif seperli titik-titik air hujan yang atuh ke genangan air. Titik-titik air hujan emas. Atau se­cara gampang, seperti bulatan obat nyamuk, yang menggerombol dengan pola lima-lima. Antar bulatan lima itu ada jeda atau ruang sela, sehmgga se­cara keseluruhan pamor mi memang memiltki desain yang nilai estetikanya tmggi. Kenapa buiatan-bulatan seperti air hujan itu mengelompok dalam for-masi lima-lima? "Mungkin. dahulu me­mang ada keterangan filosofinya. Ada makna dalam pola itu," ujar seorang pakar keris.
Pamor Udan Mas. biasanya menem pat! bilah keris lurus dengan badan bilah yang agak rata. Khususnya keris-keris berdapur Tilam Upih. Tilam Sari Jalak Sangu Tumpeng atau Brojol

Agaknya, cukup sutrt kiranya membuat pamor Udan Mas pada biiah keris yang berlekuk Quk). Dan dan tangguh kens berpola pamor Udan Mas, yang terbaik adalah tangguh Pejajaran dan Tuban. Karena pada umumnya bilahnya tipis.
Pamor Udan Mas merupakan jenls pamor rekan - rekaan. sengaja dibuat dan didesain sejak awal. Secara khu-sus, sebenarnya. keris Udan Mas bisa aibedakan dalam dua hal. Ini berdasar-kan teknik pembuatannya. Kens pamor Udan Mas yang tampak halus motrlnya, biasanya dibuat ketika bitah sudah di-ngtn. Formasi bulatan hujan mas yang berlapls-lapis itu di-dWp pada saat bilah sudah dalam keadaan dingin. Makanya. bulatan tetes hujan emasnya menjadi lebih rapt dan teratur.
Sedangkan [ems lainnya adaiah pamor Udan Mas yang dibuat ketika keadaan bilah masih panas. Term, nolo pamor yang ini agak kurang sempuma, karena dibuat ketika bilah kens dalam kondisi yang panas. Yang menarik. je-nis ini lebih banyak diminati, karena se-lain lebih ekspresif motifnya, biasanya tangguh sepuh {Pajajaran atau Tuban). Keindahan pola pamor pada permu-kaan bilah kens, menjadi salah satu kri-teria untuk menilal mutu keris.
Pada zaman dulu, sandangan, atau wsrangka untuk Udan Mas yang dipercaya akan menlmbulkan penga-ruh atau daya linuwih. tidak menggu-nakan ladrang. Tetapi sandang wallkat. Kenapa? Kens pamor ienis ini selalu dipakai kemana oun pemtllknya beper-gian. Karena dipakai sesering mungkin, maka menjadi tidak tepat kalau meng-gunakan ladrang - meskipun tidak bisa dikatakan salah.
Dalam perkembangannya. kalangan penggemar keris pamor Udan Mas ma-kin melebar. Kalau dulu hanya digema" oleh kalangan pengusaha atau peda-gang saja, maka kini tak sedikit pega-wai negeh, tentara, polisi. karyawan swasla. dan siapapun yang memper-cayai tuah Udan mas. berlomba-lomba memihkinya.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

salam kenal..sy punya keris peninggalan eyang sy dari jogja, keris ini gagangnya miring agak bengkok,dan besinya lurus sdh karatan,alm eyang sy pernah bilang,katannya satu pembuatan dng kerisnya pangeran diponegoro..sy tanya ke orang yg ngerti,namanya keris hujan emas abad ke 17.khasiat yg sdh sy buktikan adalah..rejeki lancar,anti banjir dan anti cukur.yg mau sy tanyakan adalah apakah ada keris hujan emas yg gagangnya bengkok/miring..? terima kasih atas responya ya om..( indra di bogor )

Anonim mengatakan...

agan yg dibogor.. kerisnya mau di pindahkan ke saya tidak?
call ya kalo mau dimaharin.
085727398333

www.flickr.com