Sabtu, 17 Mei 2008

MEMAKNAI UPACARA SURO

Satu Suro takkan pernah dilewatkan begitu saja oleh orang Jawa. Awal
tahun baru menurut penanggalan Jawa ini dipandang sebagai momen sakral
dan disambut dengan berbagai upacara ritual di berbagai tempat.Tetapi ada
makna yang lebih dalam dan sufistik melatari upacara itu.
D UA kota pusat ke-budayaan Jawa, Yogyakarta dan Surakarta adalah kota-kota keraton yang tak pernah melev/atkan upacara menyambut Suro dengan caranya masing-masmg. 01 Yogyakarta. umpamanya, corak per-ingatan lerhhat lebih mengutamakan perjalanan spirrtualistik. Tidak semata mengutang Iradist seremonial. Parang Kusumo. nama pantai di pinggir Laut Selatan. masih dianggap sebagai pusat ritus spiritual menantl 1 Suro. yang ta­hun ini aluh pada 20 Januari 2007.
Solo lain lagi. Upacara penting yang diselenggarakan pada setiap 1 Suro adalah Kirab Pusaka, prosesl sakral berupa arak-arakan pusaka andalan keraton. Prosesi berjalan melalui rute lertentu. mengelillngl keraton pada te-ngah malam 1 Suro. Ritual ini secara le­bih sederrtana dilakukan di Pura Mang-kunagaran pada sore hah menjelang magrlb. Puncak upacara 1 Suro dilaku­kan di Keraton Kasunanan Surakarta pada tengah malam han diawali dengan doa zikir di Mesjid Pujosono di dalam Itngkup keraton.
Tradisi Kirab Pusaka di Surakarta dimaksudkan sebagai simbol peng-harapan kepada Yang Maha Kuasa agar berkenan memberi berkah. rejeki, keselamatan dan kesehatan bagi masyarakat. Tradisi ini sudah ada sejak masa pemerintahan Paku Buwono X. Akan tetapi waktu Itu hanya dtlakukan pada saat keraton menghadapi krisis luar biasa, misalnya terserang wabah penyakit, bahaya kelaparan atau knsis lainnya. Sejak 25 tahun yang lalu Kirab Pusaka diselenggarakan Keraton Sura­karta pada setiap peringatan 1 Suro. awal tahun baru Jawa.
Anehnya, dalam prosesi Kirab Pu­saka mi. Kanjeng Kiai Slamet - kerbau putih yang dikeramatkan - solalu mem-posisikan dirmya di urutan terdepan. di-ikuti oleh kawanan kerbau putih lainnya yang uga dikeramatkan. Kanieng K;ai Slamet dipercayai membawa berkah. dan sebaliknya. akan membawa petaka bagi siapa saja yang menyakitinya. (berlanjut ..... website dalam pengembangan)

1 komentar:

valentiafackler mengatakan...

Casino Nights | JTG Hub
Join us for FREE 의정부 출장마사지 and have the 울산광역 출장마사지 best Slots and Table Games at JTG Hub. Enjoy a great 창원 출장안마 night 문경 출장안마 of entertainment at JTG 화성 출장샵 - a world-class gaming experience

www.flickr.com