Sabtu, 10 Mei 2008

BUNG KARNO DAN LEGENDA PEDANG PUSAKA



Bung Karno adalah seorang tokoh besar,
dengan mimpi besar dan pemikiran besar. Dari
dirinya memancar kharisma manusia yang iuar
biasa. Cerdas, berwibawa, dan bercita rasa seni
yang tinggi. Benarkah 'kehebatan' Bung Karno
juga dilandasi dengan sesuatu yang tak kasat
mata, seperti pusaka, misalnya?



PUSAKA memang sarat dengan mitos. Dan ketika mitos itu berkaitan dengan nama besar seorang tokoh. maka tak pelak. mitospun bisa berkembang menjadl suatu keyakinan yang dianggap sebagai sebuah kebena-ran. Bung Karno. misalnya, dengan se-gala kebesaran nama yang menyertain-ya. ternyata juga menyimpan berbagai mitos seputar pusaka yang sampai kini. masih merupakan bahan pembicaraan di kalangan pengagumnya.
Kharisma Bung Kamo memang tak pernah pudar. Ibarat besi sembranl yang akan terus menyedot berbagai macam jenis logam, maka segala hal yang berkaitan dengan Putra Sang Fajar tersebut. apapun itu, selalu menarik perhatian masyarakat luas. Pusaka yang dimiliki Bung Karno, misalnya, hingga kini. masih menjadl barang perburuan sejumiah kalangan.
Tentu saa. minat para pemburu benda pusaka itu. selain karena fak tor sejarah yang melekat pada pusaka tersebut, juga didorong oleh keyaki­nan akan adanya kekuatan hebat (daya linuwih) yang dimiliki pusaka-pusaka Bung Karno. Yaltu kekuatan tersembunyi (sinengker) yang mampu mengiringi dan menambah kehebatan Bung Karno atau siapapun penyandangnya.
Benarkah pusaka berbentuk pedang pei i,Je' atau tcngkal komando yeing ae-lalu disandang Bung Karno dalam se-liap penampilannya, adalah simbol wahyu Kedaton - wahyu kekuasaan?
Sepeni apa dan macam apa saja pusaka-pusaka Bung Karno itu? Benar­kah Bung Karno juga pernah menehma pusaka dan Keraton Surakarta seperli konon diceritakan para sesepun? Dan
apakah benar pusaka tersebut kemudi-an pulang ketempat asalnya (kondur) dt Keraton Gurakarta aetolah Bung Karno tak lag! duduk di kursi Ptesiden? Siapa pemegang pusaka-pusaka itu seka-rang?
Sederetan pertanyaan yang meng-gugah rasa keingintahuan, memang. Namun apapun. menurut Guruh Su­karno Putra, dalam wawancara dengan sebuah media di Jakarta mengatakan,
bahwa Presiden Rl pertama itu hanya menerima pusaka dan leluhurnya saja. "Pusaka Bung Karno diperoleh dari warisan leluhur saa. tidak ada yang lain!" tegasnya.
Semeniara Kris Danubrata, Kepala Istana Batululis. Bogor, menuturkan bahwa Bung Karno menerima berbagai persembahan pusaka dan para pengagumnya selama menjabat sebagai Pre­siden. Selelah Bung Karno dijatuhkan dari kekuasaannya , benda-benda pusaka tersebut "diamankan" di gudang Istana Negara. Tapi sayang selama bertahun-tahun pusaka-pusaka tersebut tidak terawat dengan baik. Baru setelah Megawati diangkat sebagai Presiden pada tahun 2002, Kris Danu-brata yang masih terhitung adik ipar Megawati, ditugaskan untuk mengumpulkan dan mengurus kembali pusaka-pusaka Bung Karno yang terbengkalai. Seiain pusaka. Kris juga ditugasi untuk mengunJS koleksi luklsan Bung Karno yang terkenal itu.
Apapun, pusaka-pusaka pening-galan Bung Karno sangat dlyaklnl me-miliki kekuatan linuwth. Ini tentu saja, dengan meiihat kehebatan Bung Karno yang memiliki kharisma yang sungguh luar biasa. Berwibawa, membuat segan kawan dan gentar lawan. Dan yang juga menonjol. selalu menjadi idola kaum perempuan. "Bung Karno past memihki pusaka-pusaka andalan tpianJel) yang hebat. Keris alau tombak yang mem-berinya tambahan energt positif." kata seorang empu tosan aji. yang tak mau disebut namanya. Buktinya, kata sum-ber KERIS tersebut. ketika terjadl upaya pembunuhan terhadap Bung Karno di Ciklni. Jakarta, pada tahun 1957: Bung Karno. meski dilempari granal bertubi-tubi. tetap bisa lolos dari maut. Dlya­kini ini berkat keampuhan tongkat sakti ben'si keris kecll yang disandang Bung Karno. Tuah dalam keris itiiah yang membentenginya," tegasnya.
Sementara "itu. dl kalangan sesepuh masyarakat losan a)i sering disebut-sebut bahwa Bung Karno pemab me-nenma pusaka dan Keralon Suraksrta Namun selama mi cerita itu hanya &a-mar-samar dan tidak banyak diketahui orang. Menurut tbu Mien Sugandhi, isteri almarhum Jendral Sugandhi. Ajudan Presiden Sukarno pada era 50 an, Bung Karno memang benar menerima dua pu­saka dari Keraton Sura-karta. tap! kedua-duanya sudah dikembalikan. "Selain Bung Karno. Pak Harto juga terima keris dan Keraton Surakarta. " tegas Mien Sugandhi yang juga bemama Kanjeng Raden Ayu (KRA) Sekar Ayu itu.

Tidak ada komentar:

www.flickr.com